wibiya widget

Rabu, 22 Desember 2010

Bulatan itu adalah....Kista!

Sobat, tau nggak sih? anggapan kalau kista itu penyakit dewasa ternyata salah lho! Karena kista pun bisa tumbuh disaat umur kita masih remaja. Yuk kita mulai mengenal si bulat bernama kista ini lebih lanjut.

Apa sih Kista itu?
Menurut dr.Arya Widiyana dari klinik Pondon Indah Denpasar, Bali, dalam dunia kedokteran, kista merupakan tumor jinak yang bisa tumbuh atau muncul dimanapun pada tubuh kita. Biasanya kista berbentuk mirip kantung bulat berisi udara, cairan atau bahkan nanah. Dari berbagai tempat tumbuh kista, yang paling umum dialami oleh para wanita adalah kista yang muncul di ovarium, yaitu salah satu organ reproduksi wanita yang menghasilkan ovum (sel telur).
Kista ovarium atau kista indung telur (ovarian cyst) dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormonal dalam sistem reproduksi wanita. Jadi, jaringan-jaringan di sekitar sel telur tumbuh abnormal dan mebungkus sel telur tersebut hingga terbentuklah kista. "Perubahan kadar hormon yang berlangsung selama masa siklus haid dan pelepasan sel telur (ovum) dari ovarium juga bisa menyebabkan munculnya kista. Jadi, tidak hanya wanita dewasa, remaja putri pun bisa mengalami gangguan kista ini,"jelas dr.Arya.
Bahkan menurut sebuah penelitian, ternyata kista ovarium bisa juga terjadi pada anak-anak. Namun, kebanyakan dialami oleh wanita diatas usia 40 tahun. "Secara umum, kista nggak menunjukkan keganasan, namun ada juga yang bersifat kanker. Jadi harus tetap diwaspadai."tutur dr.Arya.

Gejala yang timbul:
Penting bagi kita untuk mewaspadai keadaan munculnya kista ini. Jadi, segera menghubungi dokter bila mengalami gejala-gejala seperti:
1. sering terlambat menstruasi
2. perut terasa seperti penuh atau tertekan, serta rasa nyeri yang sering muncul setiap kali menstruasi.
3. serangan nyeri tajam yang muncul mendadak pada perut bagian bawah.
4. tumbuhnya rambut pada bagian wajah dan bagian tubuh lainnya.
5. tungkai bawah membengkak dan biasanya tidak disertai rasa sakit.
6. gangguan kencing dan sukar buang air besar.

Cegah dari sekarang
Sebenarnya semua penyakit bisa dicegah sejak dini, begitu juga dengan kista. Jadi, nggak ada salahnya kalau kita ikuti saran dari dr.Arya berikut ini:
1. konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti tempe, tahu, sayur-sayuran dan buah-buahan.
2. minum air putih sekitar 2,5 liter per hari.
3. hindari makanan berlemak tinggi terutama yang berasal dari daging hewani.
4. hindari stress berkepanjangan, karena dapat menurunkan daya tahan tubuh dan menyebabkan hormon-hormon dalam tubuh bergerak nggak stabil.
5. rutin berolahraga.
6. jangan merokok.
7. berkonsultasi dengan dokter kandungan jika mengalami gangguan sistem reproduksi.

Atasi dari sekarang yaa :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis Disini