wibiya widget

Minggu, 26 Desember 2010

Fakta Sampah

Teman...saat ini sampah masih jadi salah satu masalah terbesar yang harus dihadapi Pemerintah. Bahkan Jakarta yang merupakan kota besar saja masih bergantung pada satu-satunya tempat pembuangan sampah di Bantar Gebang. Dan masih banyak fakta lain tentang sampah yang perlu kita ketahui. Ini dia:
1. Data terakhir Dinas kebersihan Jakarta, menunjukkan jumlah sampah Jakarta sampai saat ini kurang lebih sekitar 27.966M2 per hari.
2. Setiap dua hari, sampah-sampah Jakarta kalau dikumpulkan dapat membangun bangunan sebesar satu Candi Borobudur (hebat ya ^_^). Jadi dalam satu tahun, kita dapat membangun 185 candi Borobudur dari sampah.
3. Supermarket di seluruh dunia memberikan lebih dari 17 milyar kantong plastik setiap tahunnya, dan setiap orang rata-rata menghabiskan 700 kantong plastik per tahun.
4. Hampir 500 juta hingga 1 milyar kantong plastik digunakan di dunia tiap tahunnya. Jika sampah-sampah kantong plastik itu dibentangkan maka akan membungkus permukaan bumi setidaknya hingga 10 kali lipat.
5. Membakar sampah plastik sama saja menambahkan racun yang sangat berbahaya pada udara yang setiap saat kita hirup. Asap hasil pembakaran tersebut mengandung racun kimia yang bisa menyebabkan antara lain penyakit pada saluran pernapasan, kanker paru-paru, dan lain-lain.
6. Sampah plastik atau benda-benda yang mengandung plastik (tas kresek, kantong plastik, bungkus permen, gabus) jika dibuang begitu saja kedalam tanah, baru akan hancur dalam waktu sekitar 200 hingga 400 tahun.
7. Lebih dari 80% sampah dibuang tanpa di daur ulang dan akhirnya masuk ke laut. Menurut National Academy of Sciences dari Amerika, diperkirakan 6,4 juta ton sampah masuk ke laut setiap harinya dari seluruh dunia.
8. Akibat sampah yang dibuang ke laut setiap harinya, diperkirakan lebih dari 1 juta binatang laut mati karena hal ini.
9. Di Australia tercatat lebih dari 100.000 hewan terdiri dari burung, ikan paus, anjing laut, dan kura-kura, mati per tahunnya gara-gara menelan atau terbelit sampah plastik.

Wow, ternyata sampah yang kita hasilkan itu luar biasa banyak ya? Yakin masih mau menyampah sembarangan? ayo kita jaga bumi ini dari global warming, kasian kan binatang pun ikut terkena dampaknya dari sampah yang kita hasilkan. Cintai bumi kita yuk! agar tetap asri. Kalau bukan kita, siapa lagi? Time to recycle sob!

5 komentar:

  1. Setuju tpi Jangan cuma kesadaran, tapi harus ada tindakan nyata nad... minimal kita meminimalisir penggunaan plastik di dalam kehidupan kita. alangkah lebih baik lagi kita bisa mengelola sampah yg kita hasilkan menjadi barang bermamfaat.

    BalasHapus
  2. iia betul...come on jaga bumi kita bareng-bareng

    BalasHapus
  3. Yoman, kita bikin perkumpulan pemerhati lingkungan aja di kampuz nad,hehhe

    BalasHapus
  4. kan udda ada tau di kampus..yang komunitas pecinta alam itu...
    luw ikutan laa...kalo gue fotografi, heeee....

    BalasHapus
  5. Iye sih, tpi menurut we nad anak MAPA kurang epektif dalam menjalankan perananya. we pengennya yg terfokus ama pelestarian lingkungan.
    Emg lo ank lensa? we jga tertarik tuh tpi blom punya kamera SLR'y em

    BalasHapus

Tulis Disini